Senin, 01 Juli 2013

Analisis Kinerja Wirausahawati

Saya mewawancarai seorang ibu rumah tangga yang membuka usaha jual makanan matangan atau bisa disebut membuka warteg di komplek rumah saya. Nama ibu wirausahawati tersebut adalah Fenny Rahmawati. Dan saya akan menjelaskan tentang 9 aspek dalam usaha tersebut.

I.                   9 ASPEK DALAM USAHA

1. Peluang Usaha Baru
       
peluang usaha baru adalah proses dimana seseorang melakukan kerja usaha. Tujuan peluang usaha baru adalah produktivitas. Di dalam usaha ini ibu Fenny sudah menjalankannya selama lebih dari 10 tahun. Dan usaha ini tidak hanya .ibu Fenny yang mengurusnya tetapi suaminya dan anak-anaknya ikut membantu. Di dalam peluang usaha ini aspek yang dilakukan adalah :   
·         Usaha ini adalah usaha keluarga atau pribadi. Jadi yang mengelola adalah Ibu fenny , suaminya dan juga anak-anaknya.
·         Dalam usaha tersebut ibu Fenny yang memasak semua hidangan dan dibantu oleh beberapa orang yang di bayar setiap bulannya untuk membantu jadi ia bekerja sama dengan beberapa orang
·         Ibu Fenny akan mewariskan usaha ini untuk dilanjutkan oleh anak-anaknya jika ia sudah merasa tidak sanngup untuk mengelolanya
·         Ibu Fenny adalah orang yang mengusulkan usaha ini dan dia mengelola semua keperluan dan kebutuhan yang usaha tersebut
·         Dengan modal yang dikit tapi berkembang membuat usaha tersebut lebih maju dan mneguntungkan. Dan hasil dari usaha tersebut dia membuat usahanya menjadi lebih luas dengan membuka catering.





      2. Pembiayaan
          Pembiayaan adalah menyediakan sumber daya. Pembiayaan sangat penting untuk sebuah usaha karena tanpa pembiayaan usaha tersebut tidak akan berjalan lancar. Di dalam pembiayaan ada pembiayaan Material & Non Material. Dan pembiayaan dalam usaha ibu Fenny adalah :
·         Pembiayaan Material
Modal usaha Ibu Fenny saat membuka usaha jual makanan ini bisa dibilang sangat sedikit yaitu sekitar Rp 500.000. karena ia hanya menjual ayam goreng, ikan pepes dan masakan tumis. Dan modal tersebut adalah uang tabungan ibu Fenny. dan karena usaha tersebut maju dan berkembang jadi keuntungan yang diperoleh lumayan besar. Dan akhirnya ibu Fenny membangun sebuah toko di samping lahan rumahnya untuk dijadikan warteg. Dan biayanya cukup besar mencapai Rp 5.000.000.
·         Pembiayaan non Material
selain uang tabungan bu Fenny. ia hanya bermodal beberapa alat dapur, seperti piring, wajan, kompor, dan juga bumbu-bumbu masakan. Ibu Fenny juga menambahkan kursi-kursi yang ia miliki untuk di letakan di dalam wateg.

      3. Pemasaran
              
Pemasaran adalah proses penyampaian produk dari produsen kepada konsumen. Dan proses pemasaran sangat berpengaruh besar terhadap suatu usaha. Karena dengan pemasaran usaha tersebut dapat berkembang dan maju sehingga dapat mengahasilkan keuntungan yang besar. Di dalam pemasaran ada yang disebut dengan 4P, yaitu :
·         Product
      product adalah barang yang dihasilkan. Dan di dalam usaha ibu Fenny, produk-produk tersebut adalah berupa makanan-makanan seperti yang biasa di jual di warteg. Ada makanan kuah seperti sayur asem, sayur sop, sayur lodeh.dll. dan untuk makanan kering, ada ayam goreng, ikan goreng,dll. Untuk makanan yang pedas ada rending, sambal, telur sambal, sambal goreng kentang,dll dan untuk makanan tumis ada kangkung, tempe orak-arik, tahu dan bihun, usus ayam,dll. Dan juga da pepes ayam dan pepes ikan. Product yang di buat oleh ibu Fenny sudah terjamin bersih dan halal. Dan product ibu Fenny yang berupa makanan-makanan matangan ini sudah sangat terkenal di daerah rumah saya.

·         Price
       Price adalah nilai produk. Nilai produk dari usaha ibu Fenny sangat bagus. Karena menurut ibu Fenny sekarang makanan-makanan yang ia jual sangat laku dan selalu habis setiap harinya. Dan harga yang ibu Fenny tentukan untuk setiap makananya menurut say sangat standar tidak terlalu mahal dan juga tidak terlalu murah. Untuk makanan seperti pepes ayam atau pepes ikan di jual dengan harga Rp 8.000. dan seperti ayam goreng di jualdengan harga Rp 5.000. dan untuk seperti tumis-tumis ia menjual Rp 5.000 untuk sati bungkusnya jika ingin di bawa pulang. Jika makan disana harga-harga tersebut hnaya tinggal di tambah Rp 2.000 untuk nasi. Menurut ibu Fenny harga yang ia tentukan tidak buruk karena ini sudah termasuk murah dibandingkan dengan di tempat-tempat lain.
Untuk catering 1 bungkusnya seharga Rp 15.000 dan dengan harga segitu jualan ibu Fenny sangat laku dan laris karena setiap harinya yang memesan catering bisa mencapai 100 lebih bungkus. Bisa dibayangkan keuntungan yang di dapat oleh ibu Fenny ini.

·         Place
       Place adalah tempat untuk proses distribusi. Untuk mengenai tempat awalnya ibu Fenny hanya menjualnya di depan rumah namun karena ternyata maju dan berkembang hingga ibu Fenny dan keluarga membangun sebuah bangunan kecil di lahan samping rumahnya.
dengan di bangunnya bangunan  kecil tersebut banyak sekali orang yang dating untuk makan disana atau pun di bawa pulang. Menurut ibu fenny dengan berjualan ditempat sendiri jauh lebh menguntungkan dibandingkan harus menjual di daerah lain dengan menyewa tempat. Sangat jelas dengan keuntungan yang kan di dapat tanpa perlu membayar sewa tempat.

·          Promotion
       promotion adalah memperkenalkan produk. Dan untuk ini ibu Fenny melakukan promotion dengan cara membuat banner lumayan besar dan di dipasang di depan rumahnya. Agar setiap orang yang melewati dapat melihatnya. Dan juga dari orang-orang yang sudah beli mereka menawarkannya kepada orang-orang yang belum sempat membeli. Dengan begitu semakin banyak lah dan terkenal hingga daerah setempat.
setelah usahanya semakin berkembang ibu fenny membuka catering. Dan mempromosikannya sangat mudah karena sudah banyak orang yang sudah tahu tempat ini. Untuk catering biasanya ia melayani lewat telepon.

        4. Kepemilikan
              
Kepemilikan adalah hak pelaku untuk memanfaatkan sumber daya. Bentuk kepemilikan itu ada 3, yaitu :
·         Kepemilikan perseorangan
semua yang berhubungan dengan usaha tesebut bersangkutan dengan orang tersebut. Dan hanya 1 orang saja yang mengelola semuanya.
·         Kepemilikan Persekutuan
usaha ini di kelola oleh 2 orang atau lebih. Dan dengan kata lain adalah bekerja sama.
·         Kepemilikan Perseoran
Kepemilikan ini milik bersama untuk orang-orang yang mengelola dan setiap orangnya terbatas memiliki tanggung jawabnya.
Dan ibu Fenny dalam usaha ini merupakan bentuk kepemilikan persekutuan. Karena ia bekerja sama dengan suami dan anak-anaknya.

       5. SDM
              
SDM atau Sumber Daya Manusia adalah bagian integral dari system yang membentuk suatu organisasi. Sumber daya manusia bisa disebut juga tenaga kerja manusia. Dan di dalam usaha Ibu Fenny ini ia menngunakan aspek SDM karena ia mempekerjakan beeberapa karyawan untuk membantu. Ibu Fenny mempekerjakan sekitar 6 atau 7 orang untuk membantu usaha nya.
untuk bagian membantu memasak dia di bantu oleh karyawannya yang perempuan. Sedangkan untuk karyawan laki-laki mereka dibutuhkan tenagnya untuk melayani pelanggan dan juga untuk mnegantar pesanan catering ke luar komplek. Menurut saya Ibu fenny sangat baik terhadap karyawannya karena memperlakukan mereka tidak secara kasar. Ibu Fenny bilang kepada saya bahwa karyawannya sangat membantu sekali untuk usaha ini. Dan juga ibu Fenny memberikan waktu isirahat kepada karyawannya tidak sedikit. Jika sedang banjir pesanan maka mereka harus membantu hingga malan namun jika tidak hanya membantu hingga sore hari saja.
didalam sebuah usaha sumber daya manusia sangat dibutuhkan untuk kelangsungan usaha. Karena setiap usaha jika hanya di kerjakan oleh 1 orang saja itu sangat sulit jadi tenga kerja manusia sangat membantu oleh karena itu untuksetiap orang yang mempekerjakan karyawan harus memperlakukan mereka tidak seperti budak karena mereka sudah membantu sekali.
dan menurut saya dalam aspek SDM ini ibu Fenny sudah berhasil.

       6. Organisasi
                  
Organisasi adalah wadah bagi orang-orang untuk berkumpul, bekerja sama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin, terkendali, dalam memanfattkan sumber daya, sarana-prasarana, dll. Dan secara garis besar dapat dipahami bahwa organisasi merupakan tempat dimana semua anggotanya bekerja sama dalam mencapi tujuan organisasi tersebut. Menurut ibu Fennu usaha nya ini bukan organisasi karena ia hanya di bantu oleh keluarganya dan beberapa orang karyawan. Dia tidak menyebut usaha ini organisasi karena ia berfikir kalau organisasi itu adalah suatu usaha yang sudah sangat besar yang sudah mempunyai nama untuk di kenal dan bekerja sama dengan orang-orang yang hebat.
dan di dalam aspek organisasi ini meskipun ibu Fenny sudah menjalankan beberpa aspeknya seperti tepimpin, memnafaatkan sumber daya dan sarana-prasarana dia tidak menyebut ini sebuah organisasi.

         7. Kepemimpinan
                   kepemimpinan adalah proses memengaruhi atau member contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Kebanyakan orang cenderung mengatakan bahwa pemimpin yang efektif mempunyai sifat atau ciri-ciri tertentu yang sangat penting, misalnya charisma, serius, baik hati, dll. Di dalam aspek kepemimpinan ini usaha ibu Fenny saya rasa sudah berhasil karena ia sudah memimpin beberapa karyawannya untuk tetap setia mau bekerja di usahanya.
 Dan bentuk kepemimpinan ibu Fenny kepada karyawannya yang saya pikir sangat efektif adalah ia memberi mereka waktu jam kerja tidak seperti kerja rodi atau paksa, member mereka makan 1 hari 3x. di berikan gaji yang yang layak meskipun tidak banyak dan di ijinkan tidur di rumahnya.
dan saat saya tanyakan kepada karyawannya mereka bilang bahwa ibu Fenny sangat baik terhadap mereka dan kepemimpinannya patut ditiru.

        8. Evaluasi Usaha
                
Evaluasi usaha adalah  sutu aktivitas untuk melakukan analisis kenerja suatu usaha bisnis. Evaluasi usaha prinsip dasar utamanya adalah membandingkan rencana usaha yang telah dibuat sebelum kegiatan dimulai dengan apa yang telah dicapai. Tujuan evaluasi usaha adalah untuk mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan pelaksanaan uasaha, apakah usaha tersebut berjalan lancar sesuai rencana dan akan memberikan hasil yang diharapkan.
Terdapat beberapa kegunaan dari evaluasi usaha, yaitu :
·         Memandu pemilik dana untuk mengoptimalkan pengguna dana yang dimilikinya
·         Memperkecil resiko kegagalan investasi dan bisa memperbesar peluang keberhasilan yang bersangkutan
Hal-hal yang harus di evaluasi dalam sebuah usaha :
·         Posisi keseluruhan usaha
posisi keseluruhan usaha digunakan untuk mengetahui seberapa jauh pencapaian hasil dari keseluruhan usaha. Dengan begitu bisa diketahui berapa jumlah harta, hutang, pendapatan dan pengeluaran setipa bulannya. Evaluasi usaha secara menyeluruh memberikan gambaran utuk kondisi usaha yang sebenarnya. Di dalam aspek ini ibu Fenny selalu menghitung pengeluaran dan pendaptannya setiap harinya dan setiap harinya keuntungan yang dia dapat sangat besar dan bisa untuk menutupi kekurangannya.
·         Apakah ada kemajuan atau kemunduran usaha
posisi keuangan biasanya menjadi patok utama dalam evaluasi kemajuan atau kemunduran suatu usaha , meski bukan segala-galanya. Untuk usaha Ibu Fenny dlam keuangan sudah dipastikan adakemajuan yang besar. Dan apakah usaha mengalami kemajuan atau kemundura ? jawabannya adalah mengalami kemajuan dari yang hanya menjual beberapa hidangan makanan menjadi menjual berbagai jenis makanan. Usaha Ibu Fenny ini sudah hamper mencapai 10 tahun lebih jika di bandingkan dengan dulu awal berwirausaha sangat berbeda dengan usaha yang sudah mencapai kesuksesan saat ini.
·         Lakukan langkah perbaikan atau pengembangan
hasil evaluasi usaha yang menunjukan bebrapa parameter dipergunakan sebagai bahan untuk melakukan langkah selanjutnya. Usaha Ibu fenny sejak awal selalu mengalami peningkatan dan belum pernah mengalami penurunan. Namun ia tidak merasa puas dan selalu mencari ide untuk tetap usahnya selalu stabil. Dengan cara melalukan pengembangan usaha. Ibu Fenny selalu memasak makanan yang berbeda dari tempat lainnya agar menjadi cirri khas usahanya tersebut.
·         Pikirkan target usaha selanjutnya
Evaluasi sebuah usaha juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk mencapai merencanakan target pertumbuhan usaha yang mengalami kenaikan. Dan untuk menuju usaha yang yang berhasil maka kita harus memikirkan target yang baru agar tidak monoton pada satu usaha saja. Dan ibu Fenny untuk saat ia berkata bahwa belum merencankan target kedepannya karena sekarng usahanya masih berjalan dengan lancar maka ia belum terfikirkan target untuk beberapa tahun kedepan .

        9. Pengembangan usaha
             
      Pengembangan usaha adalah tugas dan proses persiapan analitis tentang peluang pertumbuhan potensial, dukungan dan pemantauan pelaksanaan peluang pertumbuhan usaha, tetapi tidak termasuk keputusan strategi dan implementasi dari peluang pertumbuhan usaha. Sedangkan untuk usaha yang besar terutama dibidang teknologi Industri pengembangan usaha adalah istilah yang sering mengacu pada pengaturan dan mengelola hubungan strategis dan analisis dengan yang lain.
Unsur – unsur dalam pengembangan usaha :
·         Unsur Internal
1)  Ada niat dari wirausaha untuk mengembangkan usahanya menjadi besar.
     disini ibu Fenny sebagai wirausahawati ia setiap tahunnya mempunyai ide agar
     usahanya menjadi lebih maju lagi dan besar. Dukungan dari keluarga pun
     mengharapkan bahwa usaha ibu Fenny akan mendapat keuntungan yang cukup besar.

2)  Membuat anggaran yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pemasukan dan
     produk.
     Ibu Fenny selalu mengecek pendapatan dan pengeluaran setiap harinya. Dan jika
     dihitung-hitung setiap harinya pendapatan yang diperoleh cukup besar dan
     menguntungkan .

·         Unsur Eksternal
1) Mengikuti perkembangan informasi dari luar usaha
     Ibu Fenny selalu mencari tahu tentang info makanan dari luar. Sehingga tahu apa yang
      haris dia buat untuk para pelanggannya agar tetap setia pada ibu Fenny. dan itu
      membuat bu Fenny menambah wawasannya tentang perkembangan usahanya

2) Mengetahui kondisi lingkungan sekitar yang baik untuk usaha
     karena ibu Fenny membuka usahnya di lahan samping rumahnya maka ia sudah
     mengetahui banyak tentang lingkungan sekitarnya sehingga dia bisa menjamin bahwa
     usaha ini akan lancar di tempat yang memang sudah lama ia temapati. Lingkungannya
     sangat bersih dan nyaman membuat pelanggan pun sering datang.

Aspek-aspek yang di perhatikan dalam mengembangkan usaha :

·         Aspek Strategi
a) Menciptakan produk baru dengan karakteristik yang menarik konsumen
    ibu Fenny selalu berfikiran membuat masakan-masakan yang berbeda dari
    tempat lainnya. Tentunya dengan bumbu khas sendiri yang membuat ciri khas
    makanan ibu Fenny.
·         Aspek Manajemen Pemasaran
a)  Membuat strategi pemasaran yang dapat membuat konsumen membeli produk
     kita, seperti memasang iklan, brosur, dll.
      untuk strategi pemasaran ibu Fenny membuat banner dan menempelya di
      depan rumahnya agar setiap orang yang lewat dapat melihatnya dan
      mengunjunginya
·         Aspek Penjualan
a)  Banyak produk yang kan dijual
      Untuk aspek ini ibu Fenny memang menjual berbagai kenis makanan setiap
      harinya. Dan akan membuat lebih untuk makanan yang memang diminati
     didaerah komplek rumahnya.

II.                KESUKSESAN WAWANCARA  & PENGAMATAN

1) Kebutuhan Pokok
     a)   Kebutuhan Papan
           dari sebelum memulai usahanya ibu Fenny dan keluarga sudah tinggal didareah ini dan
           rumahnya adalah milik sendiri.
     b)   Kebutuhan Sandang
           sebelum memulai usaha ini keluarga ibu Fenny sudah berkecukupan namun karena
           hobinya yang suka memasak akhirnya ia membuka warteg dan ini membuat keluarga
           ibu Fenny menjadi kaya  dan kebutuhan sanadangnya sangat tercukupi
      c)  Kebutuhan Pangan
           saya rasa kebutuhan pangannya sangat terkecukupi. Apalagi ibu Fenny membuka
           usaha makanan sudah pasti makananya sehat dan baik untuk kesehatan.
      d) Kesehatan
           untuk masalah kesehatan, keluarga ibu Fenny biak-baik saja. Salah satu dari
           keluarganya bu Fenny alhamdulilah tidak pernah ada yang sakit parah atau harus
           dirawat di rumah sakit. Meskipun sering kelelahan bekerja namun ibu Fenny jarang
           terkena penyakit.
      e)  Pendidikan
            untuk pendidikan Ibu Fenny hanya belajar hingga SMU saja. Namun ibu Fenny
            sempat bekerja di sebuah perusahaan khong guan sebelum menikah dengan suaminya.
            ia bekerja disana selama 1 tahun dan akhirnya menikah dengan suaminya. Meskipun
            hanya lulusan SMU tapi ibu Fenny sangat pintar di sekolah. Ulu ia berada di jurusan
            IPA ia merupakan siswi lulusan tahun 1985. Yang membuat saya heran ibu Fenny
         berada di jurusan IPA namun sekarang ia membuka usaha makanan yang bisa dibilang
         sangat bertolak belakang dengan jurusannya. Namun ibu Fenny bilang bahwa ia
         membuka usaha ini karena dari dulu ia hobi memasak dan sering membantu orang
         tuanya .

2)    Hutang
        Ibu Fenny tidak memberikan rinciannya seberapa banyak hutangnya namun ia berkata bahwa pernah beberapa kali meminjam uang di bank untuk keperluan yang memang membutuhkan banyak dana.

3 )     Manfaat untuk orang lain
         saya rasa dengan membuka usaha ini Ibu Fenny memberikan banya manfaat untuk para
pekerjanya. Ia sudah memberikan pekerjaan kepadamereka yang memang butuh pekerjaan untuk melangsungi kehidupannya. Ibu Fenny juga memberikan gaji yang llumayan untuk pekerjanya yaitu Rp 750.000 setiap bulannya. Ibu Fenny juga berkata bahwa jika ia di tahun yang kan datang jika diberikan rezeki yang lebih ia akan melebarkan usahanya di daerah luar komplek rumah dan pastinya akan mencari para pekerja baru untuk membantunya. Dan itu sangat bermanfaat untuk orang-orang yang membutuhkan pekerjaan.

4)    Gaya Hidup
                          Untuk Gaya hidup saat lihat keluarga ibu Fenny sangat sederhana meskipun keadaan
                  keluarganya diatas rata-rata tapi mereka tidak berlebihan dalam berteman dan juga berpakaian.
                  Gaya hidup anak-anak ibu Fenny juga baik tidak terpengaruh hal-hal yang negative karena keluarga
                  mereka terdidik. Dan juga bisa di lihat gaya hidup keluarga   ibu Fenny sangat bagus untuk
                  dicontoh.
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar