Rabu, 13 Juni 2012

CANDI BOROBUDUR

 Tugas Kepariwisataan 1

Pasti anda semua tahu kan Candi Borobudur ?
Dan juga pasti sudah pernah berkunjung kesana. Candi Borobudur merupakan salah satu dari Tujuh keajaiban Dunia. Candi Borobudur berada di Magelang, Jawa Tengah.candi ini dibangun sekitar 824 M. dan Arsitek yang membangun candi ini bernama Gunadharma. Candi Borobudur merupakan candi Budha dan sering dikunjungi ole umat Budha yang ingi beribadah . Di Indonesia Borobudur termasuk Tempat wisata yang sering kunjungi baik oleh masyarakat Indonesia maupun wisatawan asing. Candi Borobudur memiliki 1460 relief dan 504 stupa. Candi Borobudur memiliki 10 tingkat yang terdiri dari 6 tingkat berbentuk bujur sangkar, 3 tingkat berbentuk lingkaran  dan sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Di setiap tingkat terdapat beberapa stupa. Seluruhnya terdapat 72 stupa. Di setiap stupa terdapat patung Buddha. Candi ini berupa tumpukan balok-balok batu besar yang memiliki ketinggian 42 meter. Dan semua disambung dan ditumpuk tanpa perekat apapun. Candi Borobudur memiliki 2670 relief yang berbeda.
sungguh menakjubkan Candi Borobudur ini.
Bagian dari Candi Borobudur ada 3.
1. Kamadhatu : Kamadhatu merupakan bagian kaki dari candi ini.
2. Rupaadhatu : Terdapat 4 lorong dengan 1300 gambar relief.
3. Arpadhatu : Merpakan tingkat paling atas dari candi ini. Disana terdapat 72 stupa kecil.

Ada banyak sekali wisatawan asing yang sering mengunjungi tempat wisata ini. Mungkin karena bangunannya bagus dan kokoh pengunjung bisa melihat keindahan dari atas candi ini.
Meskipun jalan menuju candi ini lumayan jauh tapi pengunjung tidak peduli.
Candi Borobudur juga sering menjadi tempat tujuan untuk anak sekolah study tour.
itu bertujuan untuk menegenalkan budaya- budaya yang ada di Indonesia.

Harga Tiket
Harga tiket untuk turis local dan mancanegara dibedakan, untuk Turis local hanya Rp10.000 sedangkan untuk Turis mancanegara Rp 90.000.
 
Fasilitas
·         Motel/ penginapan
·         Temapt makan
Toko- toko 


Candi Borobudur merupakan Tujuh keajaiban dunia, Jadi kita sebagai warga Indonesia harus merasa bangga karena ada banyak para wisatawan mancanegara yang rela jauh-jauh hanya untuk melihat keindahan candi ini. Itu adalah bukti bahwa Indonesia dikenal oleh luar negeri karena benda-benda sejarahnya yang Indah. 



Nama : Nova Anggraeni
Kelas : 1SA03
NPM : 15611209

Tidak ada komentar:

Posting Komentar