Sabtu, 29 Desember 2012

KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSATRAAN


Sastra merupakan kata serapan dari bahasa Sansekerta, yaitu Sastra yang berarti teks yang mengandung instruksi atau pedoman.Dan dalam bahasa Indonesiankata tersebut digunakan untuk merajuk kepada kesusatraan atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti keindahan tertentu. Sedangkam menurut istilah sastra adalah cabang seni yang mengandung bahasa sebagai medium.

Ilmu Budaya Dasar mengajarkan tentang konsep-konsep kehidupan & budaya Indonesia, Sedangkan Kesustraan adalah penguraian atas konflik yang digunakan untuk mencapai hasil yang dikatakan bahwa keindahan suatu sastra timbul karena adanya keserasian, kesepadanan atau keharmonisan.

Hubungan ilmu Budaya Dasar dengan kesustraan :
Pada hakekatnya karya sastra adalah penjabaran abstraksi. Ilmu Budaya Dasar tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam suatu bidang keahlian, akan tetapi sebagai salah satu usaha mengembangkam kepribadian seseorang dengan cara memperluas wawasan tentang nilai-nilai budaya. Dan disini Sastra digunakan sebagai alat untuk membahas masala-masalah keanusiaan yang dapat membantu seseorang menjadi lebih humanus.

Ilmu Budaya Dasar juga memiliki hubungan dengan prosa. Prosa adalah bentuk paling khusus dari bahasa. Prosa bebrbanding terbalik dengan puisi. Prosa yang termasuk dalam sastra disebut narrative fiction, prase fiction atau hanya fiction saja.
Dalam Kesusatraan prosa ada 2, yaitu :

1)      Prosa Baru

-          Cerita Pendek
-          Roman
-          Biografi
-          Otobiografi

2)      Prosa Lama

-          Dongeng
-          Hikayat
-          Sejarah

Dalam keberadaannya, prosa memiliki nilai-nilai, yaitu:

·         Prosa fiksi dapat memberikan kesenangan atau memberikan hiburan bagi pembacanya dan dapat mengembangkan imajinasi dalam mengenal karakter tokoh
·         Prosa fiksi dapat memberikan informasi yang belum tentu di ketahui
·         Prosa fiksi dapat memberikan nilai-nilai kebudayaan
·         Prosa fiksi dapat membirikan wawasan

Budaya dengan Sastra adalah hal yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain karena memiliki ktergantungan satu sama lain.

Sumber :  http://zarapintar.wordpress.com/2012/03/18/konsep-ilmu-budaya-dasar-dalam-kesusastraan/
               http://laelatulafifah.blogspot.com/2011/11/konsepsi-ilmu-budaya-dasar-dalam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar