Sabtu, 16 November 2013

JENIS FEATURE

KOREAN CULTURE CENTER


          Saya mengunjungi KCC atau Korean Culture Center yang berada di daerah Jakarta Selatan . tepatnya di Gedung Equity Tower lantai 17, Jalan Jenderal Sudirman. Saya mengetahui KCC dari internet tepatnya di twitter . di internet pihak dari KCC mempromosikan dengan dengan cara yang baik.  Karena merasa penasaran akhirnya saya  pergi kesana bersama teman – teman .  Tempat ini buka hanya pada hari jum’at dan dalam 1 bulan hanya 2 kali  jadi kebetulan jadwal kami pada hari jum’at itu kosong . Korean Culture Center merupakan salah satu tempat yang memuat berbagai budaya korea, seperti alat-alat music tradisonal korea, perpustakaan, baju adat korea, free internet, dll. 
 
         Tempat ini sangat mewah dan bagus. Ketika pertama kali masuk langsung di sambut dengan orang-orang yang memakai baju adat korea atau hangbok. Setelah itu kita bebas untuk melihat-lihat yang ada di dalamnya. Tempat pertama yang kami kunjungi adalah ruangan yang seperti kelas dan disana terdapat bangku-bangku dan meja. Disini kami disugguhkan pemandangan yang indah jika melihat ke luar. Ada juga pernak-pernik yang bersangkutan dengan korea ada bendera korea, baju adat korea, hiasan untuk dipajang di dinding, dll. Kami langsung di perbolehkan memakai baju adat korea dan tentunya di bantu oleh kakak yang menjaga ruangan itu. Disana ada beberapa setel sekitar 9 baju jadi jika sedang ada banyak pengunjung harus bergantian untuk memakainya dan di beri waktu sekitar 15 menit. Tapi ketika saya datang kesana pengunjung sedang sepi jadi kami memakai hangbok lumayan lama. Setelah kami memakai hangbok kami langsung mengabadikannya dengan berfoto-foto. Setelah itu  kami pergi ke ruangan alat-alat tradisonal, disana terdapat  banyak sekali alat-alat yang belum pernah kami ketahui jadi kami sekalian belajar mengenal budaya korea. Di dalm ruangan ini ada Gayageum ( alat musik petik ) kecapi yang memiliki 12 senar . Taepyeongso ( alat music tiup ) suling besar. Janggu ( alat music perkusi ) gong besar yang terbuat dari kuningan dan masih banyak yang lainnya.  Disana juga ada perpustakaan yang memuat buku-buku bahasa korea kami juga sekalian belajar huruf hangul ( huruf kanji korea ),   majalah majalah yang terbit doi korea meskipun tidak terlalu mengerti tulisannya tapi kami senang melihat foto-fotonya.  dan ada juga album-album artis korea, diantaranya Suju, Snsd, 2pm, Wonder Girls, dll.  Suasana di dalam perpustakaan ini sangat nyaman jadi untuk para pengunjung yang ingin membaca bisa tenang. Memang agak susah untuk belajar  bahasa korea tapi kami senang mengenal hal-hal yang memang kami gemarI. ada juga ruangan yang memiliki banyak televisi besar dan menampilkan music video para artis korea dan  juga drama-drama korea jadi kami menonton dulu sebelum ke ruangan yang lainnya.

     Setelah puas melihat ruang-ruang yang ada disana kami pergike ruangan yang menyediakan free internet. Disana ada banyak computer yang bisa kami gunakan sepuasnya dan juga dengan kecepatan yang sangat tinggi. Saya langsung membuka akun pribadi saya seperti facebook, twitter, dan tumblr. Saya mengupload semua foto-foto saya yang berada di KCC seperti ketika saya memakai hangbok, menggunakan alat music tradisional korea,ketika sedang didalam perpustakaan, dll. KKC sendiri juga mengadakan lomba lewat facebook dimana orang-orang yang telah mendatangi KCC dan foto-foto menggunkan hangbok dan di upload ke facebook atau page official KCC jika mendapatkan like terbanyak maka akan dapat hadiah dari KCC seperti album korea yang notabene nya sekitar 300 ribu rupiah, pernak-pernik korea, dll.  Di KKC juga sering ada rapat para pendiri KCC dan orang-orang korea asli. Dan kebetulan ketika saya pergi kesana sedang ada rapat dan dapat bertemu dengan orang-orang orea asli. Saya dan teman-teman yang lain berinteraksi dengan orang korea asli merasa sangat gugup karena bahasa korea kita terbatas jadi kami mix dengan bahasa inggris. Dan kami sangat beruntung bisa bertemu berkomunikasi dengannya secara lancar. Mereka bilang orang Indonesia sangat banyak yang menyukai korea meskipun lebih menyukai music korea tapi mereka bilang senang jika ada yang mau mempelajari budaya korea.
bila kita mengenal budaya-budaya Negara lainnya selain Indonesia itu akan menambah wawasan kita. Dan budaya Korea menurut saya sangat bagus karena jika dilihat dari segala aspek sangat baik. Saya sudah menyukai hal-hal yang berbau korea sejak 2 tahun yang lalu dan saya selalu mencari tahu tentang budaya korea tapi meskipun begitu saya tetap mempelajari  dan memfavoritkan budaya dan segala aspek yang ada Indonesia.



        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar